Sistem Bilangan Real

SISTEM BILANGAN REAL adalah materi yang akan matematika universitas bahas pada postingan kali ini. Sebelum kita belajar tentang sistem bilangan real ini pertama-tama matematika universitas menegur sapa kepada sahabat sharematika semua, telah berjumpa lagi dengan matematika universitas blog yang sangat sederhana ini yang membahas semua materi matematika universitas atau materi matematika perguruan tinggi.
Sistem bilangan real ini merupakan dasar dari mata kuliah kalkulus 1. Untuk itu matematika universitas memposting materi ini untuk membantu sahabat sharematika dalam belajar kalkulus lanjut1. Sebelum kita memulai materi ini, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu.

Berikut materi Kalkulus 1 tentang sistem bilangan real!

Sistem Bilangan Real.


Pada bagian ini, pembaca diingatkan kembali pada konsep tentang himpunan. Himpunan adalah sekumpulan obyek/unsur dengan kriteria/syarat tertentu. Unsur-unsur dalam himpunan S disebut anggota (elemen) S. Himpunan yang tidak memiliki anggota disebut himpunan kosong, ditulis dengan notasi {   }.


Jika a merupakan anggota himpunan S, maka  dibaca “a elemen S”. Jika a bukan anggota himpunan S, maka dibaca “a bukan elemen S”.


Pada umumnya, sebarang himpunan dapat dinyatakan dengan 2 cara. Pertama, dengan mendaftar seluruh anggotanya. Sebagai contoh, himpunan A yang terdiri atas unsur-unsur 1,2,3,4,5,6,7,8,9 dapat dinyatakan sebagai:


Cara yang kedua, yaitu dengan menuliskan syarat keanggotaan yang dimiliki oleh seluruh anggota suatu himpunan tetapi tidak dimiliki oleh unsur-unsur yang bukan anggota himpunan tersebut. Apabila himpunan A di atas dinyatakan dengan cara ini, maka dapat ditulis:

Selanjutnya, akan disampaikan beberapa himpunan bilangan yang dipandang cukup penting.














Bilangan rasional adalah bilangan yang merupakan hasil bagi bilangan bulat dan bilangan asli. Himpunan semua bilangan rasional ditulis dengan notasi Q,
















Sedangkan bilangan phi merupakan hasil bagi keliling sebarang lingkaran terhadap diameternya (Gambar 1.1.2).


 Demikian materi kalkulus 1 tentang Sistem bilangan real, semoga bermanfaat untuk sahabat sharematika. jangan luka tinggalkan komentar. Kunjungi terus matematika universitas blog yang membahas semua materi matematika universitas atau matematika perguruan tinggi. Sukses selalu untuk kita semua. amin.
Terimakasih.
 

7 komentar:

  1. yah lumayan materinya..tapi kurang jelas penjelasannya gays..minta materi matematika perguruan tinggi yang lain yah

    BalasHapus

  2. system bilangan real,nya kok gk ada

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. thangks membantu naget kunjungi juga

    Pawang SMart

    macam-macam matriks dan contohnya

    http://www.pawangsmart.com/2015/10/macam-macam-matriks-dan-contohnya_14.html

    BalasHapus
  5. Terimakasih... Sangat membantu 😉

    BalasHapus