Latihan soal Uji-t ( Modul statistika pendidikan )
Assalamualaikum Wr Wb, Berjumpa lagi dengan Matematika Universitas, blog yang membahas semua materi matematika di perguruan tinggi, atau matematika universitas. Pada kesempatan kali ini matematika universitas akan membahas soal tentang uji-t. Berikut soal dan pembahasannya :
Soal.
Hasil pengambilan data sampel sebanyak 30 siswa diperoleh pasangan data ulangan dan motivasi sebagai berikut :
Jika seorang peneliti ingin mengamati perbedaan motivasi siswa.
a. Rumuskan judul penelitian.
b. Rumuskan masalah
c. Rumuskan Tujuan
d. Rumuskan Hipotesis alternatif
e. Lakukan analisa
f. Beri ulasan dari hasil analisa.
Pembahasan :
a. Judul penelitian :
Studi komparasi antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah terhadap prestasi belajar.
b. Rumusan Masalah :
Apakah ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah terhadap prestasi belajar.
c. Tujuan penelitian :
Untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah terhadap prestasi belajar.
d. Rumusan Hipotesis Alternatif :
Ha : Ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah terhadap prestasi belajar.
Ho : tidak ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah terhadap prestasi belajar.
e. Analisis Penelitian ( menggunakan Uji-t )
Langkah-langkah menganalisis data dengan menggunakan uji-t :
1. Mencari median ( Untuk membagi motivasi rendah dan motivasi tinggi )
Me = n/2 = 30 / 2 = 15. ( data ke 15 bernilai 7 )
Dari hasil perhitungan median tersebut kita ambil kebijakan peneliti ( kebijakan sang peneliti ), bahwa :
- Siswa yang bermotivasi rendah adalah siswa yang mempunyai nilai 5 dan 6
- Siswa yang bermotivasi tinggi adalah siswa yang mempunyai nilai 7, 8 dan 9.
2. Mencari Rata-rata (mean).
-Mean x1 = 77/12 = 6,4166
-Mean x2 = 133/18 = 7,3888
3. Mencari Varians (x1 dan x2) terhadap y.
Rumus mencari Varians :
-Mencari Varians x2 sebagai berikut :
4. Mencari nilai t hitung :
Rumus mencari t-hitung Sebagai berikut :
dengan rumus diatas diperoleh niali t hitung ada;aj -1,9156.
dengan rumus diatas diperoleh niali t hitung ada;aj -1,9156.
5. Melihat t tabel
df = n1+n2-2 = 12+18-2=28
t tabel dengan df 28 = -1,701 ( menggunakan uji pihak kiri )
Kesimpulan : tidak ada perbedaan siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah terhadap prestasi belajar.
Semoga materi diatas bermanfaat untuk sahabat matematika universitas. terimakasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Posting Komentar