Statistik Deskriptif

STATISTIKA DESKRIPTIF  adalah judul pada postingan kali ini. Salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan blog yang sangat sederhana ini yang membahas semua materi matematika universitas atau matematika perguruan tinggi.  Sebelum kita mempelajari statistik deskriptif alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu. 

Berikut materi Statistik Deskriptif.

Statistik deskriptif lebih berkenaan dengan pengumpulan dan peringkasan data, serta penyajian hasil peringkasan tersebut. Data-data statistik, yang bisa diperoleh dari hasil sensus, survei, jajak pendapat atau pengamatan lainnya umumnya masih bersifat acak, " mentah" dan tidak terorganisir dengan baik ( raw data). Data-data tersebut diringkas dengan baik dan teratur, baik dalam bentuk tabel atau presentasi grafis yang berguna sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan (statistik inferensi).

Penyajian tabel dan grafik yang digunakan dalam statistik deskriptif dapat berupa :
1. Distribusi frekuensi
2. presentasi grafis seperti histogram, pie chart dan sebagainya.

Selain tabel dan grafik, untuk mengetahui deskripsi data diperlukan ukuran yang lebih eksak, yang biasa disebut summary statistics(ringkasan statistik).

Dua ukuran penting yang sering dipakai dalam pengambilan keputusan adalah :
1. Mencari centaral tendency ( kecenderungan memusat ), seperti mean, median  dan modus.
2. Mecari ukuran dispersion, sepeti Standar Deviasi dan Varians


Selain central tendency dan dispersion, ukuran lain yang dipakai adalah Skewness dan kurtosis yang berfungsi untuk mengetahui kemiringan data ( dradien data ).

Semoga sedikit ulasan materi statistik deskriptif diata bermanfaat untuk sahabat sharematika semua. terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda.

0 komentar:

Poskan Komentar